PROGRAM SEKOLAH
Tujuan
sekolah UPT SD Negeri Gabus 3 dalam
4 tahun ke depan adalah :
Aspek Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
- Sekolah mampu menghasilkan
lulusan yang memiliki Imtak, Kejujuran,tanggung jawab, Pembelajar
sejati, Sehat jasmani rohani ( Dimensi Sikap )
- Sekolah mampu menghasilkan
lulusan yang memiliki pengetahuan factual, konseptual, procedural
dan metakognitif ( Dimensi pengetahuan )
- Sekolah mampu menghasilkan
lulusan yang memiliki keterampilan kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif dan Komunikatif ( Dimensi Keterampilan )
- Sekolah mampu menghasilkan
lulusan yang dapat bersaing melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
- Sekolah mampu menghasilkan
peserta didik yang dapat berprestasi dalam lomba atau olimpiade MIPA.
- Sekolah mampu menghasilkan
peserta didik yang dapat berprestasi dalam pertandingan atau perlombaan
bidang seni dan olah raga
- Sekolah mampu meningkatkan
kepedulian sosial peserta didik
- Sekolah mampu meningkatkan
pengetahuan keagamaan bagi peserta didik
- Sekolah mampu meningkatkan
penghayatan dan pengamalan keagamaan bagi peserta didik
Aspek
Pemenuhan Standar isi
- Sekolah mampu menghasilkan
Dokumen KOSP Kurikulum Merdeka dengan lengkap
- Sekolah mampu menghasilkan
Dokumen KTSP Kurikulum 2013 dengan lengkap
- Sekolah mampu mengembangkan
Dokumen KTSP secara rutin dan periodik disesuaikan perkembangan kebutuhan
- Sekolah memiliki Dokumen
Kurikulum lengkap.
- Sekolah mampu
memenuhi/menghasilkan RPP semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan
- Sekolah mampu menghasilkan
diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan peserta didik
- Sekolah mampu mengkoordinasikan
penyususnan Dokumen KTSP dan KOSP yang melibatkan guru, Komite, Orangtua
Aspek
Pemenuhan Standar Proses
- Sekolah mampu melaksanakan
pembelajaran dengan pendekatan ilmiah, pendekatan belajar tuntas,
pendekatan pembelajaran individual.
- Sekolah mampu melaksanakan
pembinaan peserta didik secara kompetitif
- Sekolah mampu menyelenggaraan
program ekstra kurikuler dengan optimal
- Sekolah mampu membentuk budaya
mutu sekolah yang positif
Aspek Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Sekolah mampu memenuhi standar
kualifikasi akademik guru minimal S1
- Sekolah memfasilitasi guru untuk
melanjutkan studi ke jenjang S2
- Sekolah memiliki tenaga
kependidikan dengan kualifikasi akademik sesuai SPM
Aspek
Pemenuhan Standar Sarana Prasarana
- Sekolah mampu memenuhi semua
sarana dan prasarana pendidikan minimal sesuai dengan Standar Pelayanan
Minimal (SPM)
- Sekolah mampu menyediakan
fasilitas pembelajaran yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan ke depan.
Aspek
Pemenuhan Standar Pengelolaan
- Sekolah
memiliki Rencana Kerja Sekolah (RKS) atau rencana kerja jangka
menengah/rencana kerja empat tahunan yang disusun memuat standar dalam SNP
- Sekolah memiliki Rencana Kegiatan
dan Anggaran Sekolah (RKAS) atau rencana kerja jangka pendek/rencana kerja
satu tahun dengan sistematika sesuai pedoman
- Sekolah mampu memenuhi
kelengkapan administrasi perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi
penyelenggaraan sekolah
- Sekolah mampu menyelenggarakan
pengelolaan Kurikulum, kesiswaan, sarana-prasarana, pembiayaan dan
keuangan sekolah
- Sekolah mampu menciptakan budaya
dan iklim kerja yang kondusif.
Aspek
Pemenuhan Standar Pembiayaan
- Sekolah mampu
menyelenggarakan pembiayaan kegiatan yang transparan dan akuntabel
- Sekolah mampu mewujudkan jalinan
kerjasama yang baik denganmasyarakat, dan orang tua melalui Komite Sekolah
- Sekolah mampu merealisasikan
pembiayaan sekolah n yang tersedia.
Aspek
Pemenuhan Standar Penilaian
- Semua guru mampu melaksanakan
penilaian autentik yang seuasi aturann dan prosedur
- Sekolah mampu menyelenggarakan
mekanisme sistem penilaian yang sesuai standar Penilaian
- Sekolah mampu melaksanakan
prosedur penilaian yang sesuai standar penilaian.
- Semua guru mampu melaksanakan
penilaian autentik
- Sekolah mampu menyiapkan
instrumen penilaian yang sesuai standar.
Aspek
Pemenuhan Standar Lingkungan Sekolah
- Sekolah
mampu mwujudkan budaya 5S untuk seluruh warga sekolah
- Sekolah mampu mengembangkan
budaya bersih di lingkungan sekolah
- Sekolah mampu menciptakan
lingkungan sehat, asri, indah, rindang, dan sejuk
- Sekolah mampu menciptakan sistem
sanitasi/drainasi
- Sekolah mampu menciptakan
lingkungan yang tanpa pencemaran limbah
- Sekolah mampu menggunakan sumber
daya aair, listrik secara efektif dan efisien
0 Komentar